Oleh: kurniawan007 | 14 November 2009

Hidup Sehat Dengan 7 Tips

SEHAT

NO SMOKING…

NO ALKHOHOL…

RAJIN OLAHRAGA…

MAKAN SECUKUPNYA…

MINUM AIR MINERAL…

MAKAN BUAH SEGAR…

POSITIVE THINKING…

AKTIFITAS OK!!!



Cukup mudah bukan dengan melakukan hal tersebut. Dengan begitu kita telah menghindar dari segala penyakit. Banyak penelitian yang menyebutkan bahwa mereka yang menerapkan pola hidup sehat dalam kesehariannya akan terhindar dari beberapa penyakit khronis seperti kanker, diabetes dan penyakit jantung. Ubahlah hidup anda lebih sehat mulai sekarang.

Kesehatan adalah investasi yang sangat berharga. Tunjukkan rasa syukurmu atas nikmat sehat yang diberikanNYA untuk kita. Karena itu, jadikanlah hidup sehat optimal sebagai kebiasaan sehari-hari.

Berikut tips untuk hidup sehat di abad 21:
1. Makan secukupnya

Ingat makan terlalu banyak dapat mengakibatkan obesitas!!!

2. Hindarilah Lemak Berbahaya

Hindari makanan yang mengandung banyak Lemak seperti cumi2.Menurut standar Joint British Societies (grup fokus penanggulangan penyakit koroner) memberikan rekomendasi sebagai berikut:

  • Total cholesterol kurang dari 4.0 mmol/l
  • LDL cholesterol kurang dari 2.0 mmol/l

3. Makan Sayur dan Buah yang cukup

Perbanyak makan sayur dan buah yang berserat tinggi dan mempunyai banyak kandungan vitamin. Insyaallah dengan memakan makanan yang sehat terutama dari alam akan membuat tubuh kita menjadi lebih sehat.

4. Minum Air Minimal 8 Gelas Sehari

Sekitar 80% tubuh manusia terdiri dari air. Otak dan darah adalah dua organ penting yang memiliki kadar air di atas 80%. Otak memiliki komponen air sebanyak 90%, sementara darah memiliki komponen air 95%. Sedikitnya, secara normal kita butuh 2 liter sehari atau 8 gelas sehari.

5. Hindari Rokok dan Minuman Beralkhohol

Dalam asap rokok yang membara karena diisap, tembakau terbakar kurang sempurna sehingga menghasilkan CO (karbon mono oksida), yang disamping asapnya sendiri, tar dan nikotine (yang terjadi juga dari pembakaran tembakau tersebut) dihirup masuk ke dalam jalan napas.
CO, Tar, dan Nikotin tersebut berpengaruh terhadap syaraf yang menyebabkan :

  • Gelisah, tangan gemetar (tremor)
  • Cita rasa / selera makan berkurang
  • Ibu-ibu hamil yang suka merokok dapat kemungkinan keguguran kandungannya

Hai orang-orang yang beriman, sesungguhnya (meminum) khamar, berjudi, (berkorban untuk) berhala, mengundi nasib dengan panah, adalah perbuatan keji termasuk perbuatan syaitan. Maka jauhilah perbuatan-perbuatan itu agar kamu mendapat keberuntungan.”
[Al-Qur’an 5:90]

6. Olahraga yang teratur

Lakukan Olahraga rutin setiap hari minimal 30 menit. Bagi para aktivis jalan kaki meruapakan salah satu alternatif berolahraga untuk menjaga kesehatan. Luangkan hari minggu untuk berolahraga lebih giat.

7. Selalu Berpikir Positif untuk Mengurangi Energi Negatif

“Sungguh, kulihat diriku, seandainya aku mengangkat batu niscaya kutemukan di bawahnya emas dan perak……!”Sebuah kalimat yang di ucapkan oleh salah seorang sahabat Rasulullah saw yang dijamin masuk syurga. Beliau adalah Abdurrahman bin ‘Auf. Dalam kalimat ini terkandung sebuah makna dari apa yang disebut dengan berpikir positif.

Berpikir Positif diawali dengan sebuah keyakinan pada diri sendiri. Keyakinan bahwa dirinya mampu. Keyakinan yang mengatakan bahwa diri beliau “bisa”. Jika Anda melihat diri Anda “bisa”, maka Anda akan “bisa”. Jika Anda melihat diri Anda akan menghasilkan, maka Anda akan menghasilkan. Jika Anda tidak bisa melakukan hal seperti ini, maka Anda masih dikuasai oleh pikiran negatif.


Rujukan:


Responses

  1. […] Ingin sehat…??baca di Hidup Sehat Dengan 7 Tips […]

  2. ojok mbujuk’i bozzz,,

  3. […] Ingin sehat…??baca di Hidup Sehat Dengan 7 Tips […]


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: