Oleh: kurniawan007 | 14 November 2009

Menjaga Metabolisme Tubuh

Bila Anda pernah mendengar tentang metabolisme tubuh manusia akan menurun seiring dengan bertambahnya usia, sebuah riset yang diadakan akhir-akhir ini membuktikan kebenaran dari pernyataan tersebut. Tapi, penurunannya tidak sedrastis atau sebesar yang diperkirakan.

Pada umumnya, metabolisme tubuh manusia akan mengalami penurunan sekitar 2 hingga 5 persen per dekade. Untuk mengatasi penurunan tersebut, ada kiat-kiat untuk mensiasatinya, yaitu olahraga secara teratur dan mengatur pola makan.

A. Olahraga

Olahraga adalah kunci utama yang memberi keuntungan-keuntungan secara cepat dan bertahan lama. Berikut kiatnya:

1. Lakukan aerobik secara teratur, 4 atau 5 kali seminggu. Olahraga aerobik, lari, jalan cepat, renang dan bersepeda, terbukti mampu membakar banyak kalori dan meningkatkan metabolisme tubuh. Beberapa studi menunjukkan bahwa aktifitas aerobik mampu menjaga metabolisme, karena terus bergerak dalam jangka waktu. Begitu juga dengan olahraga lainnya.

2. Latihan otot. Mengangkat beban dan/atau aktifitas-aktifitas penguatan lain, seperti push-up dan sit-up yang dilakukan secara teratur 2 atau 3 kali seminggu, akan membangunkan dan meningakatkan metabolisme yang berhenti. Aktifitas ini membangunkan jaringan otot dan membakar kalori lebih banyak. Dengan melatih otot, Anda membakar lebih banyak kalori meski dilakukan dalam keadaan duduk atau diam.

B. Pola Makan
Agar metabolisme tubuh tetap terjaga, ikuti 3 tips berikut ini:

1. Kebutuhan tubuh minimal 1000 kalori: Metabolisme dan pergerakan tubuh Anda tergantung dari apa yang Anda makan. Tak heran bila sedang berpuasa atau menjalankan diet ketat di bawah 1000 kalori, metabolisme akan menurun sebagai respon untuk menghemat energi.

2. Bagi porsi makan menjadi 4-5 kali sehari. Saat tubuh kita bekerja keras mencerna dan menyerap zat-zat makanan, metabolisme akan terus bergerak. Ini disebut dengan Thermic Effect of Food atau Efek Thermic Makanan. Ambil keuntungan ini dengan menjadualkan makanan setiap 4-5 jam.

3. Jangan lupakan Protein. Makanan apa pun akan menciptakan Thermic Effect dan mendorong metabolisme tubuh bekerja setelah mengkonsumsinya. Protein terbukti mendorong metabolisme jauh lebih besar dari karbohidrat dan lemak. Konsumsi protein dalam jumlah yang cukup, akan menjaga dan menambah berat otot tubuh. Semakin berat massa otot, semakin besar metabolisme Anda. Sumber protein terbaik, ada di ikan, ayam, yogurt rendah lemak, tahu, dan kacang-kacangan.


Responses

  1. Untuk jaga kondisi tubuh, dengan olahraga teratur, pola makan yang sehat, istirahat yang cukup jangan lupa minum suplemen untuk mengimbangi kondisi lingkungan sekitar kita, bisa dengan mengkonsumsi Propolis atau Biyang. klik di http://www.klik.ws/solusisehat


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: