Oleh: kurniawan007 | 6 November 2009

PKMT_Software untuk Identifikasi Bakat OR

A. Judul

“Pembuatan Software untuk Identifikasi Bakat Olahraga menggunakan Macromedia Flash”.

B. Latar Belakang Masalah

Prestasi olahraga di Indonesia akhir-akhir ini sering menjadi sorotan tersendiri bagi pemerintah, karena prestasi di bidang olahraga semakin menurun. Sehingga prestasi olahraga nasional saat ini mengalami ketertinggalan dibandingkan dengan negara-negara Asia lainnya. Percepatan (acceleration) prestasi olahraga kita lebih lamban bila dibandingkan dengan negara Cina, Jepang, Korea, Thailand bahkan Vietnam baru-baru pada Seagames merupakan ancaman besar bagi prestasi olahraga bangsa.

Jika melihat beberapa tahun yang lalu, prestasi Indonesia patut di acungi jempol bahkan negara-negara tetangga khususnya Asean sangat menyegani prestasi Indonesia. Pada Sea Games thailand,Indonesia 1989 dan Malaysia 1987, prestasi Indonesia berada pada ranking paling atas sebagai juara umum. Hal ini dikarenakan pembinaan dan penulusuran bakat cenderung melihat dari sisi genetik dan lingkungan atlet, Sedangkan di lingkungan sekolah, guru penjasor hanya melihat bakat siswa ketika melakukan kegiatan olahraga sesaat saja. Banyak atlet yang tidak berhasil dalam olahraga tertentu yang telah mereka pilih, dan  banyak yang tidak mencapai tingkat keberhasilan, mungkin akan lebih cocok untuk olahraga yang berbeda dan tidak pernah menyadari akan hal itu (Peltola, 1992).

Dibandingkan dengan negara maju seperti Australia yang menggunakan metode sport search untuk identifikasi bakat olahraga yang digunakan pada anak usia 11-15 tahun. Pada usia tersebut dengan bakat yang dimiliki akan lebih efektif program latihan yang digunakan dan  nantinya akan menjadi atlet yang akan mencapai puncak prestasi pada waktunya.

Sport search tersebut merupakan rangkaian tes yang terdiri atas 10 item tes yaitu (1) tinggi badan, (2) tinggi duduk, (3) berat badan, (4) panjang rentang kedua lengan, (5) lempar tangkap bola tenis, (6) lempar bola basket, (7) loncat tegak, (8) lari bolak-balik, (9) lari cepat 40 m, (10) lari multitahap. Penggunaan seleksi ilmiah ini pada proses identifikasi bakat mempunyai beberapa keuntungan antara lain secara substansial dapat mengurangi waktu yang diperlukan untuk mencapai kemampuan yang tertinggi dengan memilih individu-individu yang berbakat pada olahraga tersebut, mengurangi volume kerja serta energi yang harus dikerjakan pelatih karena efektivitas latihan yang diberikan pelatih biasanya didukung keefektivitasan para atlet yang mempunyai kemampuan superior tersebut.

Akhir-akhir ini Indonesia mempunyai banyak praktisi olahraga yang melakukan penelusuran bakat di bidang olahraga. Beberapa dari mereka menggunakan metode sport search. Tetapi tidak semua praktisi olahraga di tiap daerah mengunakan metode tersebut untuk penelusuran bakat anak. Metode sport search memerlukan perhitungan statistika yang cukup rumit. Oleh karena itu muncul sebuah pemikiran untuk mempermudah praktisi olahraga maupun guru olahraga dalam mengidentifikasi bakat olahraga pada anak dalam sebuah bentuk pemograman komputer. Dengan harapan setiap praktisi olahraga dan guru olahraga dapat melakukan identifikasi bakat olahraga anak lebih mudah sehingga memungkinkan anak tersebut memilih spesialisasi pada cabang olahraga tertentu serta dapat mencapai puncak prestasi pada waktunya.

Pemograman identifikasi bakat olahraga yang digunakan ini adalah menggunakan pemograman Macromedia Flash. Macromedia Flash adalah program aplikasi untuk membuat animasi dan interaksi. Output dari program ini ada beberapa macam yang salah satunya dapat dieksekusi secara langsung.

Salah satu fasilitas yang ditawarkan program Macromedia Flash adalah ActionScript, yaitu script untuk memerintahkan movie menjalankan aktivitas tertentu. Hanya dengan menuliskan kode-kode, kita dapat menggerakkan objek-objek di dalam movie, melakukan perhitungan matematika, membuat interaksi, dan yang lainnya.

C. Perumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang masalah di atas, dapat dirumuskan masalah sebagai berikut.

  1. Bagaimana mengidentifikasi bakat olahraga menggunakan metode sport search?
  2. Bagaimana membuat software  dengan Macromedia Flash untuk identifikasi bakat olahraga menggunakan metode sport search?
  3. Bagaimana menerapkan software untuk identifikasi bakat olahraga menggunakan Macromedia Flash?

D. Tujuan

Berdasarkan rumusan masalah di atas, tujuan kegiatan ini antara lain.

  1. Mengidentifikasi bakat olahraga menggunakan metode sport search.
  2. Membuat software  dengan Macromedia Flash untuk identifikasi bakat olahraga menggunakan metode sport search.
  3. Menerapkan software untuk identifikasi bakat olahraga menggunakan Macromedia Flash.

E. Luaran yang Diharapkan

Target luaran dalam kegiatan ini, yaitu:

  1. Berupa software identifikasi bakat olahraga bagi siswa menggunakan metode Sport Search.
  2. Melalui “ Software untuk identifikasi bakat olahraga menggunakan Macromedia Flash” dapat membantu guru olahraga untuk mengetahui bakat siswa di bidang olahraga.

F. Kegunaan

Adapun kegunaan program antara lain:

Bagi Penulis

  1. Memberikan pengetahuan tentang cara pembuatan software menggunakan Macromedia Flash.
  2. Menambah wawasan tentang cara identifikasi bakat olahraga menggunakan metode sport search.
  3. Manambah keterampilan sebagai calon guru untuk menciptakan media bantu dalam dunia olahraga.

Bagi Siswa

>>Memberikan pandangan untuk dapat berprestasi pada cabang olahraga tertentu.

Bagi Pembina dan Guru Olahraga

>>Memberikan salah satu solusi untuk mempermudah identifikasi bakat siswa dalam olahraga

Bagi Pemerintah

>>Memberikan salah satu solusi untuk dapat meningkatkan prestasi olahraga nasional.

Untuk lebih lengkapnya download di bawah ini.

PKM soft baru


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: