Oleh: santriw4n | 18 November 2009

Pengertian dan Konsep Evaluasi, Penilaian dan Pengukuran

Sedikit informasi tetapi semoga bermanfaat……Amien

Secara umum orang hanya mengidentikkan kegiatan evaluasi sama dengan menilai, karena aktifitas mengukur sudah termasuk didalamnya. Pengukuran, penilaian dan evaluasi merupakan kegiatan yang bersifat hierarki. Artinya ketiga kegiatan tersebut dalam kaitannya dengan proses belajar mengajar tidak dapat dipisahkan satu sama lain dan dalam pelaksanaannya harus dilaksanakan secara berurutan.

Konsep Evaluasi

Menurut pengertian bahasa kata evaluasi berasal dari bahasa Inggris evaluation yang berarti penilaian atau penaksiran (John M. Echols dan Hasan Shadily: 1983). Menurut Stufflebeam, dkk (1971) mendefinisikan evaluasi sebagai “The process of delineating, obtaining, and providing useful information for judging decision alternatives”. Artinya evaluasi merupakan proses menggambarkan, memperoleh, dan menyajikan informasi yang berguna untuk merumuskan suatu alternatif keputusan.

Evaluasi adalah kegiatan mengukur dan menilai. Mengukur lebih besifat kuantitatif, sedangkan menilai lebih bersifat kualitatif.

Viviane dan Gilbert de Lansheere (1984) menyatakan bahwa evaluasi adalah proses penentuan apakah materi dan metode pembelajaran telah sesuai dengan tujuan yang diharapkan. Penentuannya bisa dilakukan salah satunya dengan cara pemberian tes kepada pembelajar. Terlihat disana bahwa acuan tes adalah tujuan pembelajaran.

Konsep Penilaian

Penilaian (assessment) adalah penerapan berbagai cara dan penggunaan beragam alat penilaian untuk memperoleh informasi tentang sejauh mana hasil belajar peserta didik atau ketercapaian kompetensi (rangkaian kemampuan) peserta didik. Penilaian menjawab pertanyaan tentang sebaik apa hasil atau prestasi belajar seorang peserta didik.Hasil penilaian dapat berupa nilai kualitatif (pernyataan naratif dalam kata-kata) dan nilai kuantitatif (berupa angka). Pengukuran berhubungan dengan proses pencarian atau penentuan nilai kuantitatif tersebut.

Penilaian hasil belajar pada dasarnya adalah mempermasalahkan, bagaimana pengajar (guru) dapat mengetahui hasil pembelajaran yang telah dilakukan. Pengajar harus mengetahui sejauh mana pebelajar (learner) telah mengerti bahan yang telah diajarkan atau sejauh mana tujuan/kompetensi dari kegiatan pembelajaran yang dikelola dapat dicapai. Tingkat pencapaian kompetensi atau tujuan instruksional dari kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan itu dapat dinyatakan dengan nilai.

Konsep Pengukuran

Pengukuran adalah penentuan besaran, dimensi, atau kapasitas, biasanya terhadap suatu standar atau satuan pengukuran. Pengukuran tidak hanya terbatas pada kuantitas fisik, tetapi juga dapat diperluas untuk mengukur hampir semua benda yang bisa dibayangkan, seperti tingkat ketidakpastian, atau kepercayaan konsumen.

Pengukuran adalah proses pemberian angka-angka atau label kepada unit analisis untuk merepresentasikan atribut-atribut konsep. Proses ini seharusnya cukup dimengerti orang walau misalnya definisinya tidak dimengerti. Hal ini karena antara lain kita sering kali melakukan pengukuran.

Perbedaan Evaluasi, Penilaian dan Pengukuran

Berdasarkan pengertian di atas penulis menyimpulkan bahwa penilaian adalah suatu proses untuk mengambil keputusan dengan menggunakan informasi yang diperoleh melalui pengukuran hasil belajar baik yang menggunakan tes maupun nontes. Pengukuran adalah membandingkan hasil tes dengan standar yang ditetapkan. Pengukuran bersifat kuantitatif. Sedangkan menilai adalah kegiatan mengukur dan mengadakan estimasi terhadap hasil pengukuran atau membanding-bandingkan dan tidak sampai ke taraf pengambilan keputusan.Penilaian bersifat kualitatif.

Agar lebih jelas perbedaannya maka perlu dispesifikasi lagi untuk pengertian masing2:

  • Evaluasi pembelajaran adalah suatu proses atau kegiatan untuk menentukan nilai, kriteria-judgment atau tindakan dalam pembelajaran.
  • Penilaian dalam pembelajaran adalah suatu usaha untuk mendapatkan berbagai informasi secara berkala, berkesinambungan, dan menyeluruh tentang proses dan hasil dari pertumbuhan dan perkembangan yang telah dicapai oleh anak didik melalui program kegiatan belajar.
  • Pengukuran atau measurement merupakan suatu proses atau kegiatan untuk menentukan kuantitas sesuatu yang bersifat numerik. Pengukuran lebih bersifat kuantitatif, bahkan merupakan instrumen untuk melakukan penilaian. Dalam dunia pendidikan, yang dimaksud pengukuran sebagaimana disampaikan Cangelosi (1995: 21) adalah proses pengumpulan data melalui pengamatan empiris.

 

About these ads

Responses

  1. thank infonya,sangat berarti buat saya,

  2. bagus banget dan sangat membantu pada tugas kami

  3. terima kasih infonya, semoga dapat pahala.

  4. terimakasih telah membantu kam dalam pembuatan makalah, penjelasannya sangat bagus sekali sehingga dosen aq sangat senang

  5. Maksh dah bntu kami dlm menylsaikn tgas kami.

  6. terima kasih banyak u tulisannya, inisangat bermanfaat sekali dlm membantu penulisan mklh….
    thanks so much..

  7. Makasih ya. Ini sangat membantu !

  8. thanks y???
    jd ada tambahan bwt mkalah.

  9. smua yg ak cri ad d sni, thank vry much for info_a iaah:)

  10. thanks ya, semoga ilmunya berkah . sgt bermanfaat utk tgs kami. izin copy

  11. Terima kasih atas info keilmuan smg berguna, tingkatkan lagi lebih luas dan dalam.

  12. smg Allah mmblas jasa baik Anda

  13. Amiin semoga dikabulkan doanya..

  14. aku ingin tahu apa pengertian pengukuran itu dalam fisika karna aku gak ngerti2 ttg pengukuran

  15. Qsangat terbantu dengan adax ini.mkch

  16. arigatou gozaimasu

  17. Thanks a lot sangat bermanfaat utk penulisan tugas saya…..

  18. syukron katsiir …
    Info nii sangat membantu tugas” aNa ,,.

  19. terimakasih banyak ya…semoga selalu sukses dalam berkarya & segala urusan, amiin…

  20. Alhamdulillah……. Dgn dha nya info ne. Ku sangat terbantu dlm menyelesaikan tugas dr dosen.
    Thank’s ^_^

  21. isinya bermanfaat…tpi tugas evaluasi video 1 ku udah jadi..thank’s ya infox…mas

  22. sngat membantu,,
    maksh,, :)

  23. […] Pengertian dan Konsep Evaluasi, Penilaian dan Pengukuran … […]

  24. h atas infonya gan

  25. terima kasih atas infonya gan

  26. maksih ya jd bisa ngerjakan tugas…lewt makalah nich…


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: