Oleh: santriw4n | 14 November 2009

SARANA dan PRASARANA PENJAS

Mengapa sarana prasarana itu ada ?

Dalam suatu proses diperlukan adanya sarana serta prasarana demi tercapainya suatu tujuan. Paling tidak dapat menunjang pengingkatan kualitas individu dalam beraktifitas. Untuk itu beberapa hal yang diperhatikan ialah melengkapi sarana dan prasarana dan infrastruktur yang ada.

Apa tujuan, fungsi, dan manfaat sarana dan prasarana ?

Tujuan

Kegiatan olahraga memerlukan ruang untuk bergerak. Kebutuhan ruang utntuk bergerak itu ditentukan dengan standart kebutuhan ruang perorangan. Sebagai contoh Republik Federasi Jerman ditantukan kebutuhan ruang sebesar 3,5 m2. Itu artinya sarpras olahraga minimal disesuaikan dengan kondisi masyarakat yang berolahraga itu sendiri. Sehingga disini kunci dan tujuan sarpras adalah sebagai media olahraga yang diharapkan dengan adanya sarana penunjang kegiatan olahraga bisa berjalan dengan baik.

 

Fungsi

>>Fungsi prasarana beserta sarananya adalah sebagai lokasi atau tempat dalam bisnis maupun aktivitas olahraga. Sehingga akan saling mendukung dengan adanya tempat dan juga perlengkapan beraktivitas.

>>Dalam kegiatan olahraga banyak ditemukan adanya kecelakaan yang mengakibatkan cidera ringan maupun parah. Disinilah sarana memiliki banyak fungsi sebagai pendukung adanya prasarana. Salah satunya sebagai protector atau pelindung demi meminimalisasikan terjadinya kecelakaan. Contohnya Mobil F2008 ini memasang pengaman lateral di dekat kepala pembalap. Fungsi alat tersebut adalah agar kepala pembalap tetap aman saat terjadi kecelakaan. (Ari Diaz, http://www.tribunkaltim.com)

 

Manfaat

Banyak fasilitas olahraga yang pemakaiannya belum sesuai dengan kondisi sebenarnya. Seperti halnya bermain sepak bola di lapangan bola basket tanpa menggunakan alas kaki maupun sepatu. Latihan yang seperti ini tidak akan mempunyai banyak nilai daya guna. Karena sebenarnya latihan sepak bola yang benar adalah di lapangan berumput dengan memakai sepatu sepak bola. Sehingga jika dimanfaatkan secara benar maka manfaat yang diperoleh sangat banyak. Tidak lain manfaat sarana prasarana adalah dapat meningkatkan kualitas kesehatan serta mendukung berlangsungnya perlombaan dan pertandingan.

 

Rujukan:

Adi, Purnomo.2003.Lokakarya Fasilitas Olahraga.Jakarta:PT Gramedia Pustaka Utama

Diaz, Ari. http://www.tribunkaltim.com

N. Pesiwarisa, Dian. http://www.radiobakubae.com

Chaidir, M.M. http://www.riaupos.com

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: